cara membuat singkong bakar dijamin enak 100%

Ada yang pernah makan singkong bakar? Jika belum pernah "sungguh terlalu". Ditempat saya, singkong bakar ini biasa disebut beuleum sampeu atau bubuy sampeu. Singkong bakar enaknya di santap di pagi hari. Ditemani segelas kopi sambil berjemur, inilah salah satu cara menikmati hidup. Disantap bareng keluarga di sore hari juga seru. Makan singkong bakar di malam hari ketika kemping atau saat giliran ronda malam sama warga sekitar juga asik. Pasti akan menambah keakraban dengan orang didekat kita.

Membuat singkong bakar memang mudah, siapapun pasti bisa. Tapi jika cara yang anda lakukan kurang tepat, maka hasilnya mungkin agak gosong-gosong dikit dan rasanya akan lebih mirip kayu bakar daripada disebut makanan. Tapi bagaimana cara membuat singkong bakar yang dijamin enak 100% dan bisa anda praktekan sendiri di rumah ? Simak uraian saya di bawah ini.

Jika kita ingin menghasilkan makan yang enak, maka kita pun harus menyediakan bahan makanan yang berkualitas. Untuk membuat singkong bakar yang super enak, kita hanya membutuhkan singkong mentah yang masih segar. Saya sarankan cari singkong yang sudah siap panen dan baru dicabut dari pohonnya. Terserah anda mau menanam sendiri atau beli sama petani. Yang jelas jangan mencuri.

Setelah bahan telah siap, sekarang saatnya kita praktek. Ini merupakan point paling mahal di artikel ini, jadi simak baik-baik.

Bersihkan terlebih dahulu singkong dari sisa-sisa tanah yang masih menempel. Kulit singkongnya biarkan saja tidak usah dikupas. Membuat singkong bakar akan lebih mudah jika menggunakan tungku atau ditempat saya biasa disebut hawu. Tapi jika menggunakan api unggun juga tidak masalah. Sumber api harus berasal dari bahan-bahan alami seperti kayu atau bambu, pastikan tidak ada bahan-bahan plastik yang ikut terbakar. Ini sangat penting, karena akan berimbas pada cita rasa singkong bakar nantinya.

Proses pembakaran singkong bakar ini berbeda dengan membakar sate. Jika membuat sate kita akan menggarangnya di atas bara, maka membuat singkong bakar ini kita harus menimbun singkongnya di dalam abu. Jadi kita harus menunggu sampai api unggun atau tungku yang kita gunakan sampai menghasilkan abu yang cukup untuk menutupi singkongnya.

Setelah abunya cukup, baru kita masukan singkong tadi kedalam abu sampai benar-benar tertutup selurahnya. Ini penting, karena jika tidak tertutup abu secara sempurna maka singkong tadi bisa dipastikan akan gosong terkena bara atau jilatan api. Proses pembakaran ini bisa berlangsung antara 7-15 tergantung dari besar api dan panas yang dihasilkan. Pembakaran yang baik akan membuat singkong matang secara menyeluruh dan tanpa gosong yang parah.

Setelah 7 menit cek saja singkongnya, bisa dengan cara dipukul-pukul dengan kayu (pelan aja mukulnya). Jika matang singkongnya pastilah sudah terasa empuk, dan tidak jarang singkongnya  sampai merekah dan mengeluarkan isinya yang berwarna putih. Jika demikian, sudah bisa dipastikan kalau singkongnya telah matang.

singkong bakar

Bersihkan singkong dari abu yang menempel. Tempatkan singkong bakarnya di piring atau pada daun pisang jika ada, supaya menambah cita rasa tradisionalnya. Buka isi singkongnya dengan cara dibelah pakai sendok dan garpu atau pakai tangan juga boleh. Samapai tahap ini sebenarnya singkong bakar sudah siap disantap, tapi kadang saya menambahkan sedikit garam sebagai bumbu pelengkap. Atau jika anda mau mencoba bumbu-bumbu tabur yang lain juga bisa.

Nah begitulah cara membuat singkong bakar dijamin enak 100%. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan sampai jumpa di resep lain pada artikel berikutnya.

Catatan ;
Resep cara membuat singkong bakar di atas benar-benar telah saya praktekan. Berhubung waktu membuat singkong bakar saya tidak pernah kepikiran akan membuat artikel seperti ini, jadi saya tidak mengambil foto dari singkong bakar buatan saya pribadi. Gambar di atas hanyalah sebagai ilutrasi semata. sumber gambar disini.

Related Posts:

8 Responses to "cara membuat singkong bakar dijamin enak 100%"

  1. sering nih ane lakuin, kan ane tinggal di desa. Nice post gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kita sama gan.
      sama-sama orang desa

      Delete
  2. Enak tuh. Dulu suka bikin pas dkampung skr djakarta susah sob

    ReplyDelete
  3. Enak tuh. Dulu suka bikin pas dkampung skr djakarta susah sob

    ReplyDelete
  4. Enak tuh. Dulu suka bikin pas dkampung skr djakarta susah sob

    ReplyDelete
  5. Baru tau gw kalo di sunda bakar singkong kulit luarnya di klupas duluu🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  6. Aku waktu kecil sering nih bakar singkong,pake api dari kayu ranting, daun kering, pas udah mau mateng baru deh dipukul2 biar apinya mati

    ReplyDelete