8 manfaat minum air putih di pagi hari

Air merupakan sumber kehidupan. Tanpa air makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan tidak akan dapat bertahan. Dalam postingan ini saya tidak akan membahas manfaat air secara keseluruhan. Di sini hanya akan membahas sebagian kecil dari manfaat air bagi tubuh manusia.

Air putih merupakan cairan yang mudah diserap oleh tubuh. Itulah sebabnya minum air putih saat perut kosong di pagi hari, mampu memberikan manfaat besar untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.
air putih

Berikut adalah 8 manfaat minum air putih di pagi hari, simak baik-baik;

1. Menghilangkan dehidrasi saat bangun tidur
Anda sering sakit kepala saat bangun tidur? Itu mungkin tanda dehidrasi. Segeralah minum air putih untuk meredakannya.

2. Melancarkan buang air besar
Pagi hari adalah jam normal untuk buang air besar. Namun jika Anda sering merasa kesulitan untuk buang air besar di pagi hari, perbanyaklah minum air putih saat bangun tidur. Air putih akan mendorong kotoran keluar.

3. Menambah nafsu makan saat sarapan
Sarapan merupakan jam makan yang penting. Namun kendalanya adalah kadang Anda tidak merasa lapar di pagi hari. Solusinya, minumlah air saat bangun tidur. Sebab hal ini akan membuat Anda lapar di pagi hari.

4. Mengeluarkan racun
Pada mumnya tubuh manusia dapat mengeluarkan racun dengan 3 cara, yaitu melalui air seni, buang air besar dan melalui keringat. Hal ini akan berlangsung lebih maksimal jika Anda minum air putih saat perut Anda masih kosong, yaitu disaat bangun pagi.

5. Menambah energi
Minum air putih di saat perut kosong, misalnya saat baru bangun pagi dapat merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah lebih cepat. Hasilnya, Anda pun akan lebih bertenaga.

6. Membantu program diet
Jika Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan minum banyak air putih di pagi hari. Sebab selain lemak yang keluar, sistem metabolisme tubuh pun akan meningkat.

7. Mencerahkan kulit
Ini point penting buat kaum hawa. Dengan banyak minum air bisa membuat kulit tampak lebih cerah bercahaya. Ini terjadi karena proses detoksifikasi bisa membersihkan jerawat dan lemak lainnya di kulit. Baca juga cara menghilangkan jerawat dalam waktu 1 malam

8. Meningkatkan sistem imun
Minum air putih di pagi hari bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (silahkan cek ulang point 5). Hasilnya, Anda pun akan terhindar dari berbagai infeksi penyakit.

Itulah 8 manfaat minum air putih di saat perut kosong terutama di pagi hari. Jadi, budayakanlah minum air putih setelah bangun tidur.


Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua.

sumber gambar photobucket

Related Posts:

4 Responses to "8 manfaat minum air putih di pagi hari"

  1. Replies
    1. akan lbh terasa manfaatnya klo dipraktekan gan, asal jangan lg puasa aja

      Delete
  2. Saya kontinyu mempraktikkannya dengan meminum air putih tiap bangun tidur sekitar jam 4 pagi. Rasanya enek sih tapi ya gitu langsung kebelet pipis dan kebelet BAB. Apa itu efeknya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, itu salah satu efeknya.
      tp baguskan kebeletnya pas jam santai drpd kebeletnya nanti saat kita lg sibuk2nya keraktifitas ☺

      Delete